Rembug Bareng seputar kajian akademik, dunia internet marketing, tanya jawab permasalahan keagamaan dan download mp3 sholawat free hanya ada di hanafi-web.blogspot.com

Kamis, 13 Oktober 2011

Buat Target Guna Menjaga Motivasi

DUNIA perkuliahan jelas tidak sama dengan dunia sekolahan. Mulai dengan cara berpakaian hingga pola belajar-mengajar, sama sekali berbeda. Agar tidak gamang saat memasuki bangku kuliah, tips berikut bisa jadi panduan:
1
Perguruan tinggi umumnya memberikan mata kuliah dengan pola system kredit semester (SKS). Pada semester pertama, mahasiswa baru disuguhi beberapa paket mata kuliah dengan jumlah SKS yang sudah ditetapkan perguruan tinggi. Yang harus dilakukan mahasiswa adalah belajar dengan baik dan benar serta memanfaatkan waktu seefisien mungkin agar hasilnya maksimal.

2
Biasanya nilai indeks prestasi (IP) memenagaruhi jumlah SKS  pada semester berikutnya. Semakin kecil IP, semakin sedikit mata kuliah yang boleh ditempuh padaa semester berikut sehingga semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk bisa lulus. Agar bisa menyusun skripsi, biasanya mahasiswa diharuskan memiliki mengumpulkan sekitar 140-160 SKS terlebih dahulu.
Rencanakan perkuliahan dan buat target-target yang realistis. Misalnya, pada semester lima harus sudah mulali magang, semester enam harus bisa mengikuti mata kulliah praskripsi, dan semester tujuh sudah mulai skripsi.

3
Manfaatkan teknologi, mengikuti pelajaran diawal perkuliahan bisa jadi akan sangaat menyenangkan karena otak masih segar dan siap menerima hal-hal baru. Namun, hal itu juga bisa menyiksa, terutama bila metode pengajaran tidak cocok dengan keinginan. Nah, mahasiswa yang meraasa kesulitan manangkap materi perkuliahan yang dibawakan dosen biasa mengatasinya dengan cara mudah. Manfaatkan ponsel atau alat pemutar musikyang dilengkapi fasilitas perekam suara (voice recorder). Lalu, segera simak hasilnya setelah sampai dirumah.

4
Sering-seringlah berkunjung ke perpuus, paling tidak seminggu sekaliuntuk membaca atau menggali informasi. Dengan rajin membaca di perpustakaan, biasanya mahasiswa akanmendapat ide untukmenyusun skripsi. Catat dan beri keterangan agar kelak tidak bingung saat harus memilih judul skripsi.


5
Selain kegiatan kuliah, ada banyak kegiatan kemahasiswaan lain yang positif dan baik untuk diikuti. Misalnya, kegiatan di unit kegiatan mahasiswa (UKM) atau himpunan mahasiswa (Hima). Meski positif, kegiatan UKM atau Hima akan banyak menyita waktu mahasiswa.


6
Di sini, mahasiswa dituntuk untuk bisa mengatur waktusebaik mungkin, antara waktu kuliah, berorganisasi, berinteraksi dengan lingkungan, dan beristirahat. Dengan perencanaan yang baik, mahasiswa tidak akan tertekan oleh padatnya kegiatan.


7
Motivasi diri dan dukungan keluarga sangat berpengaruh pada kelancaran kuliah mahasiswa. Tanpa dukungan keluarga, kepercayaan diri dan semangat mahasiswa akan berkurang. Sebaliknya, jika keluarga mendukung, tetapi si mahasiswa tidak memiliki motivasi, hasilnya sia-sia.

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Diberdayakan oleh Blogger.

Statistik Blog