Rembug Bareng seputar kajian akademik, dunia internet marketing, tanya jawab permasalahan keagamaan dan download mp3 sholawat free hanya ada di hanafi-web.blogspot.com

Minggu, 15 Januari 2012

Cara Membuat Proposal PTS


Langkah awal sebelum melakukan PTS adalah membuat proposal. Proposal merupakan rencana langkah-langkah yang akan dilakukan dalam melaksanakan PTK. Bila proposal ini salah, maka pelaksanaan PTS pun akan salah pula. Oleh sebab itu, proposal harus dibuat dengan benar dahulu jika ingin melaksanakan PTS dengan benar pula. Jika PTS itu melalui bimbingan, pembimbing tidak akan mengizinkan peneliti mengambil data di lapangan sebelum proposal itu disetujuinya. Jika PTS itu didanai sponsor, maka proposal itu belum akan mendapatkan dananya selama proposalnya belum benar.

D. Cara Membuat Proposal PTS

Sistematika PTS pada umumnya adalah sebagai berikut.
JUDUL
A. Latar Belakang
B. Identifikasi Masalah
C. Pembatasan Masalah
D. Perumusan Masalah
E. Pemecahan Masalah
F. Tujuan Penelitian
G. Manfaat Penelitian
H. Acuan Teori
I. Metode Penelitian
DAFTAR PUSTAKA

Sistematika proposal bermacam-macam. Sistematika yang digunakan tergantung sponsor atau penyandang dana.
Penjelasan Judul
Judul PTS minimal berisi informasi tentang:
1) apa yang akan ditingkatkan?,
2) menggunakan tindakan apa?, dan
3) siapa yang akan ditingkatkan?
Berikut disajikan berbagai contoh judul PTS, yang kesemuanya menuliskan tiga hal yang penting di atas. Di samping itu, judul harus tepat dengan tugas pokok dan fungsi kepala sekolah/madrasah, singkat, dan jelas (tidak membingungkan).

Sebelum membuat judul, perlu diperhatikan:
1. Apa yang mau ditingkatkan?
2. Bagaimana tindakan yang akan dilakukan?
3. Siapa yang akan ditingkatkan?
Contoh judul PTS:
Upaya-upaya Meningkatkan Kreativitas Kepala Sekolah melalui Brainstorming di Kelompok Kerja Kepala Sekolah bagi Kepala Sekolah SD di Kota Yogyakarta.
Upaya-upaya Meningkatkan Inovasi Kurikulum melalui Diklat Inovasi bagi Guru SMP di Samarinda.
Apakah pada judul harus ada tempat penelitiannya? Hal ini tergantung sponsor atau penyandang dana.
Penjelasan latar belakang masalah
Dalam latar belakang masalah, peneliti menceritakan hal-hal yang melatarbelakangi mengapa peneliti memilih judul tersebut. Peneliti dalam latar belakang masalah ini seolah-olah sebagai orang mata-mata yang sedang mengamati sekolah tempat terjadinya perkara. Untuk memunculkan alasan-alasan memilih judul tersebut, peneliti dapat mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku tentang perkepalasekolahan, tetapi belum efektif pelaksanaannya. Latar belakang masalah dapat pula mengacu pada krisis pengelolaan sekolah. Dalam latar belakang ditampakkan secara tersurat atau tersirat masalah-masalah yang nantinya menjadi identifikasi masalah secara berurutan. Akhirnya, latar belakang ditutup dengan kalimat kunci yang menekankan pentingnya masalah tersebut untuk segera diteliti dan dampaknya jika penelitian itu ditunda-tunda.

Contoh isi inti latar belakang masalah
Perencanaan program sekolah belum lengkap. Hal ini ditunjukkan oleh dari empat hal yang harus direncanakan baru tiga hal yang dsudah direncanakan. Pelaksanaan program sekolah juga belum baik yang tampak dari belum dilaksanakan pengelolaan keuangan dengan baik. Dari 10 pelaksanaan program sekolah baru tujuh yang berjalan cukup baik. Demikian pula halnya dengan kepemimpinan kepala sekolah. Dari 8 tugas pokok yang harus dilakukan melalui kepemimpinan sekolah hanya berjalan separuhnya. Akibatnya, 22 dari 88 guru masih rendah kreasi dan inovasi dalam mengajarmya. Ada lima hal yang harus dievaluasi ternyata sekolah belum terakreditasi. Sekolah juga belum memiliki sistem informasi yang dapat diandalkan. Sekolah belum mampu menggunakan sistem informasi manajemen sekolah dengan baik sehingga banyak data yang sulit ditemukan kembali. Berdasarkan uraian di atas, maka penelitian tindakan sekolah perlu dilaksanakan agar pemecahan masalah tersebut dapat diatasi. Jika masalah ini tidak segera diatasi dikhawatirkan sekolah akan kehilangan peminatnya.

Refleksi
Renungkan gejala-gejala pengelolaan sekolah yang sedang terjadi di sekolah Anda. Kemudain buatlah latar belakang dengan menggunakan gejala-gejala tersebut.

Latihan/Tugas
Diskusikan latar belakang yang Anda buat untuk penguatan kepala kemampuan sekolah agar bersikap kreativitas, inovatif, pemecahan masalah, berpikir kritis, dan bernaluri kewirausahaan.


Penjelasan Identifikasi Masalah
Identifikasi masalah berdasarkan masalah-masalah yang muncul di latar belakang masalah baik secara tersurat maupun tersirat. Urutannya pun sama seperti yang muncul di latar belakang masalah.

Contoh:
Berdasarkan latar belakang di atas, maka masalah-masalah yang muncul dapat diidentifikasikan sebagai berikut.
1. Masih satu rencana program yang sekolah belum dibuat dengan baik (program sekolah).
2. Ada tiga pelaksanaan program sekolah yang belum dibuat sekolah.
3. Empat tugas kepemimpinan kepala sekolah belum berjalan.
4. 22 orang guru masih rendah inovas mengajarnya.
5. Satu dari empat evaluasi sekolah belum terpenuhi.
6. Sekolah belum memiliki sistem informasi yang dapat diandalkan.

Penjelasan pembatasan masalah
Pembatasan masalah adalah masalah-masalah yang dipilih untuk diteliti. Tidak semua masalah dapat diselesaikan sekaligus dengan satu kali penelitian.
Tentu saja tidak semua masalah keilmuan yang dihadapi dan telah dapat diidentifikasi, akan dijamin sebagai masalah yang layak dan sesuai untuk diteliti. Kelayakan suatu penelitian berkaitan dengan banyak faktor.
a. Kemanfaatan hasil. Sejauh mana penelitian terhadap masalah tersebut akan memberikan sumbangan kepada khasanah teori ilmu pengetahuan atau kepada pemecahan masalah-masalah praPTSs.
b. Kriteria pengetahuan yang dipermasalahkan yaitu:(a) mempunyaikhasanah keilmuan yang dapat dipakai untuk pengajuan hipotesis, dan (b) mempunyai kemungkinan mendapatkan sejumlah fakta empirik yang diperlukan guna pengujian hipotesis.
c. Persyaratan dari segi si peneliti,yang pada prinsipnya sejauh mana kemampuan si peneliti untuk melakukan penelitian. Hal ini menyangkut setidak-tidaknya lima faktor, yakni: biaya; waktu; alat dan bahan; bekal kemampuan teoritis peneliti; dan penguasaan peneliti terhadap metode penelitian yang akan digunakannya.

Contoh:
Dari enam masalah yang diidentifikasikan di atas, masalahnya dibatasi pada rendahnya inovasi mengajar guru.

Penjelasan perumusan masalah
Perumusan masalah adalah usaha untuk menyatakan secara tersurat pertanyaan penelitian apa saja yang perlu dijawab atau dicarikan jalan pemecahannya. Perumusan masalah merupakan pertanyaan atau pertanyaan yang lengkap dan rinci mengenai ruang lingkup masalah yang akan diteliti didasarkan atas identifikasi masalah dan pembatasan masalah. Perumusan masalah yang baik berarti telah menjawab setengah rumusan masalah. Masalah yang telah dirumuskan dengan baik bukan saja membantu memusatkan pikiran, tetapi juga sekaligus mengarahkan cara berpikir kita. Menemukan masalah adalah langkah awal setiap penelitian. Masalah yang baik adalah: (1) di bawah kewenangan kepala sekolah/madrasah /madrasah untuk memecahkannya, (2) bermanfaat bagi kemajuan sekolah, (3) praktis (mudah dan murah untuk dilaksanakan), dan (4) legalistis (ada dasar hukumnya). Tujuan utama PTS adalah untuk melakukan tindakan untuk memecahkan masalah. Oleh karena itu, perumusan masalah berkaitan dengan tujuan tersebut.

Contoh
Bagaimana meningkatkan inovasi mengajar guru?
Penjelasan pemecahan masalah
Tuliskan tindakan yang akan dilakukan kepala sekolah/madrasah.
Contoh: bimbingan teknik, diklat, workshop.
Penjelasan tujuan penelitian
Tujuan Penelitian : Penulisan tujuan PTS umumnya dimulai dengan kalimat
“PTS ini bertujuan untuk ................. (tindakan tertentu, tuliskan dengan jelas nama tindakan tersebut), guna meningkatkan ....(tuliskan dengan rinci apa yang akan ditingkatkan), bagi guru di ..... (tuliskan subjek PTSnya)
Sedangkan penulisan manfaat PTS umumnya dimulai dengan kalimat
“PTS ini diharapkan dapat memberikan manfaat berupa ....... (tuliskan manfaat PTS bagi guru....manfaatnya bagi siswa, dan lain-lain)

Contoh Judul,
“Upaya-upaya Meningkatkan Inovasi Mengajar Guru melalui Diklat Inovasi bagi Guru SMPN 88 Yogyakarta”
Perumusan masalahnya, “Apakah dengan diklat inovasi akan meningkatkan inovasi mengajar guru di SMPN 88 Yogyakarta?”
Contoh tujuan PTS
PTS ini bertujuan untuk meningkatkan inovasi mengajar guru melalui diklat Inovasi bagi guru di SMPN 88 Yogyakarta.

Contoh manfaat PTS
PTS ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi guru dalam meningkatkan inovasi mengajarnya. PTS ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi siswa dalam menerima pembelajaran yang inovatif.
Penjelasan kajian teoretis
Berisi konsep, prinsip, yang terkait dengan masalah/ yang diteliti sebagai dasar dalam pemecahan masalah. Acuan teori menguraikan kajian teori dan pustaka yang menumbuhkan gagasan yang mendasari usulan rancangan PTS. Pada acuan teori, tuliskan berbagai teori (berdasar pada kajian kepustakaan) yang mendasari usulan rancangan PTK ini. Kemukakan juga teori, temuan dan bahan penelitian lain yang mendukung pilihan tindakan untuk mengatasi permasalahan penelitian tersebut. Untuk masalah PTS tentang masih rendahnya inovasi untuk memecahkan masalahnya pilih buku-buku dan hasil peneltian terdahulu yang relevan tentang inovasi. Kemudian simpulkan definisinya menurut Anda. Analisis perbedaan dan persamaan masing-masing pendapat.Analisis kelebihan dan kelemahan masing-masing pendapat. Putuskan Anda berpihak kepada pendapat siapa dan uraikan alasannya.
Contoh
Untuk mengatasi masalah rendahnya inovasi mengajar guru antara lain dapat mengutip teori inovasi dari Tomlinson (2005).
Penjelasan metode penelitian
Metode penelitian menjelaskan tentang apa yang akan ditingkatkan, bagaimana cara meningkatkan, dan siapa yang akan ditingkatkan (subjek), objek, metode penelitian yang digunakan yaitu PTS, validitas dan reliabilitas instrumen, teknik pengumpulan data, analisis data yang digunakan, dan langkah-langkah PTS.
Contoh.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan inovasi mengajar guru, Caranya dengan melaksanakan diklat motivasi berprestasi bagi guru SMPN 88 Yogyakarta. Metode yang digunakan dengan langkah-langkah sebagai bedrikut (lihat Gambar 1 di atas). Jadwal penelitian adalah sebagai berikut.
Tabel 6. Jadwal PTS
NNo. Kegiatan Waktu
11. Membuat proposal 1 sampai 31 Januari 2010
22. Menyeminarkan
Proposal 1 sampai 7 Februari 2010
33. Merevisi proposal 8 sampai 15 Februari2010
44. Melaksanakan PTS 16 Februari sampai 16 Mei 2010
55. Membuat draft
laporan PTS 17 Mei sampai 31 Mei2010
66. Menyeminarkan
hasil PTS 1 sampai 7 Juni 2010
77. Membuat laporan
final PTS 8 sampai 15 Juni 2010

Cara menuliskan daftar pustaka
Banyak model pembuatan daftar pustaka tergantung siapa sponsornya. Misalnya model American Psychology Association (APA). Cara membuat daftar pustaka mengacu pada model Pusat Pengembangan Bahasa Indonesia yang terdapat pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008). Kriteria kepustakaan yang baik. Sedikitnya ada dua syarat utama harus dipenuhi oleh sumber bacaan yang akan digunakan dalam acuan teori; (1) adanya keterkaitan antara isi bacaan dengan masalah yang dibahas, dan (2) kemutahiran sumber bacaan, artinya sumber bacaan yang sudah kadaluwarsa harus ditinggalkan.
Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku dicetak miring. Kota penerbit: Penerbit. Buku, artikel, dan sumber lain yang boleh dituliskan dalam daftar pustaka adalah acuan yang dikuti saja. Buku, artikel, dan sumber lain yang tidak dikutif tidak boleh dituliskan dalam daftar pustaka. Hal yang sering tejadi adalah peneliti menuliskan sumber acuan yang tidak dikutip atau sebaliknya, acuan dikutip tetapi tidak ada di dalam daftar pustaka. Setiap acuan diketik satu spasi. Spasi acuan satu dengan lainnya berjarak 2 spasi.

Contoh
Husaini Usman & Purnomo Setyadi Akbar. 2009. Pengantar Metodologi
Sosial. Edisi Ketiga. Jakarta: Bumi Aksara.


Penulisan daftar pustaka bermacam-macam. Mana yang digunakan? Hal ini tergantung sponsor atau penyandang dana.

E. Latihan/Tugas:
Individu
1. Buatlah rangkuman materi belajar 2 ini!
2. Buatlah isi garis besar proposal PTK secara individu. Pilih salah satu upaya peningkatan tentang kreativitas, inovasi, pemecahan masalah, berpikir kritis, dan bernaluri kewirausahaan bagi Anda, guru, dan siswa.

Kelompok
Bentuk kelompok yang terdiri 5 sampai 10 orang. Diskusikan dan buat isi garis besar proposal PTK! Hasil diskusi disajikan dan kelompok lainnya serta fasilitator memberikan komentar konstruktif.

F. Sistematika laporan PTS
Bagian akhir dari PTS adalah membuat laporan hasil PTS. Tidak ada ketentuan baku dalam membuat laporan PTS. Sistematika laporan bermacam-macam. Sistematika yang digunakan tergantung sponsor atau penyandang dana. Walaupun demikian, berikut ini diberikan alternatif membuat laporan hasil PTS.

HALAMAN JUDUL
LEMBAR PENGESAHAN
ABSTRAK
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL (kalau ada dan tabel lebih dari 5 buah)
DAFTAR GAMBAR (kalau ada dan gambar lebih dari 5 buah)
DAFTAR LAMPIRAN (kalau lebih dari 5 buah)

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Identifikasi Masalah
C. Pembatasan Masalah
D. Perumusan Masalah
E. Pemecahan Masalah
F. Tujuan Penelitian
G. Manfaat Penelitian

BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Teori Motivasi
B. Hasil-hasil penelitian terdahulu yang relevan

BAB III METODE PENELITIAN
A. Lokasi Penelitian
B. Perencanaan Tindakan
C. Pelaksanaan Tindakan
Siklus 1
1. Perencanaan
2. Pelaksanaan
3. Observasi
4. Refleksi
Siklus 2
1. Perencanaan
2. Pelaksanaan
3. Observasi
4. Refleksi
Siklus 3
1. Perencanaan
2. Pelaksanaan
3. Observasi
4. Refleksi

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian
B. Pembahasan

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
B. Saran

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN

Isi Bab 1 sampai Bab III hanya mengembangkan yang telah ditulis pada proposal PTS. Sekarang bagaimana menulis Bab IV.
Cara Menulis Bab IV?
Bab IV terbagi atas dua subbab. A. Hasil Penelitian dan B. Pembahasan. Hasil penelitian dan pembahasan serta mengemukakan gambaran tentang pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian harus relevan dengan rumusan masalah. Akhir dari bab ini adalah pembahasan, yaitu pendapat peneliti tentang kelebihan dan kekurangan dari tindakan serta kemungkinannya untuk pengembangannya. Pembahasan yang baik didukung oleh teori-teori yang pernah dikutip di Bab II.
Contoh
Cara Menulis Bab V
Bab V terdiri atas A. Kesimpulan dan B. Saran-saran. Kesimpulan merupakan kritalisasi dari hasil penelitian dan pembahasan. Kesimpulan merupakan jawaban terhadap pertanyaan yang muncul pada perumusan masalah. Oleh karena itu, kesimpulan harus relevan dengan perumusan masalah.
Saran-saran berisikan anjuran-anjuran kepada siapa dan bagaimana cara melakukannya. Cara melakukan saran-saran bersifat praktis (mudah diterapkan) dan logis yaitu berdasarkan kesimpulan. Oleh sebab itu, dalam saran dituliskan dengan tegas saran ditujukan kepada siapa dan apa saran operasionalnya.

Isi Lampiran-lampiran
Lampiran-lampiran yang diperlukan untuk menunjang isi laporan. .Lampiran utama yang harus disertakan adalah (1) rancangan pelaksanaan PTK atau PTS seperti RPP, skenario pelaksanaan, bahan ajar, hand-out, diktat, dan lain, (2) semua instrumen yang digunakan dalam penelitian, terutama lembar pengamatan yang digunakan selama PTS dilaksanakan. Misalnya lembar observasi, kuisener, tes, dan lain-lain, (3) contoh-contoh asli (atau foto kopi) hasil kerja dari siswa, atau guru dalam pengisian/pengerjaan instrumen, (4) dokumen pelaksanaan penelitian yang lain seperti foto-foto kegiatan PTS, daftar hadir, surat ijin penelitian, catatan harian, dan lain-lain. Semua lampiran diberi nomor urut dan halaman. Semua lampiran terkait dengan hasil penelitian pada Bab IV sehingga pada Bab IV sering tampak tulisan lihat Lampiran sekian. Misalnya hasil observasi lihat Lampiran 5. Foto-foto demikian pula disebutkan dalam Bab IV lihat foto nomor sekian. Jadi semua yang dilampirkan bersifat fungsional. TIdak tiba-tiba muncul di lampiran sebagai pajangan yang hanya mempertebal laporan tetapi tanpa ada kaitannya sama sekali dengan Bab IV Hasil Penelitian.


0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Diberdayakan oleh Blogger.

Statistik Blog