Rembug Bareng seputar kajian akademik, dunia internet marketing, tanya jawab permasalahan keagamaan dan download mp3 sholawat free hanya ada di hanafi-web.blogspot.com

Minggu, 15 Januari 2012

Karakteristik Tata Bahasa Arab

Pada tata bahasa Arab terdapat kaidah-kaidah yang terkadang tidak terdapat pada tata bahasa lain. Kaidah-kaidah itu antara lain :

a. Kaidah yang berkaitan dengan gender (mudzakkar atau mu’annats).
Setiap kata benda atau kata kerja yang digunakan harus sesuai dengan kaidah-kaidah tentang gender ini, bahkan pada sesuatu yang pada hakekatnyatidak bisa dikategorikan menurut gender, tetapi menurut tata bahasa Arab harus dikategorikan mudzakkar atau mu’annats.

b. Kaidah yang berkaitan dengan jumlah bilangan (mufrad, mutsanna, dan jama’).
Setiap kata benda atau kata kerja yang digunakan harus sesuai dengan kaidah tentang jumlah bilangan ini.

c. Kaidah yang berkaitan dengan waktu (madhi, hal dan mustaqbal).
Setiap kata kerja yang digunakan selalu mengandung waktu pekerjaan itu dikerjakan, baik waktu lampau, sedang atau akan datang.

d. Kaidah yang berkaitan denagn bina’ an I’rab (marfu’, manshub, majrur dan majzum).
Setiap kata benda atau kata kerja yang digunakan dalam bahasa Arab mempunyai bentuk tertentu dan kaidah perubahannya sesuai dengan posisi atau statusnya dalam kalimat.

e. Kaidah yang berakaitan denangan kata ganti (dhamir).
Bahasa Arab mempunyai tingkat penggunaan dhamir yang sangat sering, baik kata ganti manusia atau yang lainnya.

Para pemakai bahasa Arab baik bahasa aktif maupun pasif harus menguasai kaidah-kaidah tersebut di atas secara terpadu dan tepat. Oleh karena itu kaidah-kaidah tersebut di atas sering menjadi kendala teersendiri bagi orang yang belajar tata bahasa Arab._£

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Diberdayakan oleh Blogger.

Statistik Blog